Laporan Kunjungan Industri PT. Terminal Petikemas Surabaya -Pelindo III
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Kunjungan Industri
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, dunia pendidikan di tuntut untuk lebih menyongsong era globalisasi. Dalam usaha peningkatan mutu pendidikan tersebut, maka Ilmu Ekonomi Internasional perlu kami pelajari lebih dalam dengan terjun langsung ke PETI KEMAS PELINDO III Surabaya. Pengetahuan ini hendaknya di serap dengan sebaik mungkin dimana, Ilmu yang di dapat dalam bangku perkuliahan dirasakan masih sangat kurang, sehingga di perlukan sebuah Kunjungan ke Perusahaan / Industri yang bisa membantu kami dan bisa kami jadikan perbandingan ketika kami menerima matakuliah Ekonomi Internasional.
Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan, inilah yang menyebabkan mahasiswa / mahasiswi Universitas Narotama mengadakan Kunjungan Industri.
Kunjungan Industri dipilih untuk memperkenalkan kami ke dunia kerja. Kami di tuntut untuk aktif menggali informasi tentang Kunjungan Industri untuk memperoleh pengetahuan tentang ekspor impor yang ada di PETI KEMAS PELINDO III Surabaya.
Kunjungan Industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada kami tentang industry ekspor impor agar kami dapat membandingkan antara dunia kerja dengan ilmu yang di peroleh dimatakuliah kami. Kami di wajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama Kunjungan Industri di Perusahaan yang bersangkutan.
Tujuan Kunjungan Industri
Ada Beberapa Tujuan dalam Kegiatan Kunjungan Industri, antara lain:
a. Memperluas wawasan mahasiswa/mahasiswi dengan dunia kerja yang sesungguhnya.
b. Mendorong mahasiswa/mahasiswi agar berminat bekerja di Perusahaan.
c. Memberi informasi kepada mahasiswa/mahasiswi tentang cara bekerja di Perusahaan.
d. Sebagai wawasan informasi serta memperbanyak pengetahuan.
Manfaat Kunjungan Industri
Kunjungan Industri diharapkan dapat memiliki manfaat bagi mahasiswa/mahasiswi diantaranya, mahasiswa/mahasiswi dapat mengetahui dan lebih mengerti tentang dunia kerja, dapat mengetahui macam-macam bentuk dari alat-alat berat yang ada di lapangan dan macam-macam box barang yang berbeda-beda serta dapat mengetahui bagaimana cara dan syarat agar barang-barang tersebut dapat diteima / layak untuk dikirim.
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Sejarah Perusahaan
PT Terminal Petikemas Surabaya (PT TPS) didirikan dalam rangka Undang-Undang Penanaman Modal Asing Nomor 1 tahun 1967 yang diubah dengan Undang-undang Nomor 11 tahun 1970, berdasarkan Akta Notaris Rachmat Santoso, SH. Nomor 1 tanggal 1 April 1999 yang telah mendapatkan pengesahan badan hukum sesuai Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor:C-6465HT.01.01.TH99 tanggal 09 April 1999 dan dan telah mengalami perubahan penyesuaian dengan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dengan Akta Notaris Johanes Limardi Soenarjo, SH., MH. Nomor 06 tanggal 19 Maret 2008 dan terakhir dengan Akta Notaris Yatiningsih, SH., MH. Nomor: 106 tanggal 19 Maret 2018 yang telah diterima dan dicatat dalam Sistem Administrasi Badan Hukum sesuai Surat Penerimaan Pemberitahuan Perubahan Data Perseroan Nomor: AHU-AH.01.03-0117612 tanggal 21 Maret 2018. PT Terminal Petikemas Surabaya bergerak di bidang usaha jasa terminal petikemas dan melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut. Penyediaan dan pelaksanaan pengusahaan jasa pelayanan operasi kapal, operasi lapangan dan operasi gudang serta penyediaan dan pengusahaan jasa tambat, dermaga, penumpukan peti kemas dan air kapal bagi kapal-kapal petikemas yang bertambat di terminal petikemas;
Perencanaan dan pengembangan, pelaksanaan pengelolaan, pengusahaan dan pemasaran usaha jasa baru, rupa-rupa usaha (penyewaan gedung dan parkir) serta usaha jasa-jasa lainnya yang berkaitan dengan terminal petikemas. Pelaksanaan penyediaan, pengoperasian dan pemeliharaan fasilitas dan peralatan bongkar muat petikemas. Perencanaan dan pengelolaan keuangan dan logistik untuk terminal petikemas. Pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kegiatan terminal petikemas.
Visi Dan Misi Perusahaan
Untuk mewujudkan aspirasi stakeholder tersebut, jajaran Perseroan telah menetapkan visi dan misi perusahaan. Visi perusahaan Pelindo III yang tertuang di dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan Tahun 2015-2019 telah disesuaikan dan sejalan dengan UU No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, dimana status dan posisi Perseroan selaku Badan Usaha Pelabuhan (BUP) telah mengalami perubahan fungsi dari yang sebelumnya sebagai penyelenggara usaha kepelabuhanan menjadi hanya penyelenggara usaha terminal pelabuhan.
Perusahaan melakukan penyesuaian pada Visi & Misi untuk review RJPP 2015-2019. Pada RJPP 2015-2019 sebelumnya, Perusahaan berkeinginan untuk menjadi pemain global. Maka, ruang lingkup pelayanan jasa kepelabuhanan diperluas tidak hanya dalam lingkup nasional tetapi juga regional / global. Oleh karena itu ditetapkan Visi Perusahaan yaitu “Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik Dengan Layanan Jasa Pelabuhan Yang Prima”. Namun Visi tersebut dianggap sudah tercapai di periode 2015-2017. Oleh karena itu, dalam review RJPP 2015-2019 ini Perusahaan menetapkan Visi dan Misi baru, Visi Perusahaan sampai dengan tahun 2019 yaitu:
VISI
Menjadi Pemimpin Bisnis di Pelabuhan
MISI
Misi Perseroan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun mendatang adalah:
Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder.
Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisnis di pelabuhan melalui prinsip tata kelola perusahaan (GCG) yang baik.
Menciptakan solusi bisnis yang cerdasmelalui integritas dan kerja sama dengan mitra strategis.
BAB III LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
Pelaksanaan kegiatan
Kegiatan Kunjungan Industri di laksanakan pada tanggal 27 juni 2019, atau lebih tepatnya pada hari Kamis pagi pukul 10.00 WIB. Sebelum keberangkatan, kami sudah standby di Universitas Narotama untuk mempersiapkan segala perlengkapannya. Selang beberapa menit do’a bersama mengenai keberangkatan Kunjungan Industri yang dipimpin oleh Dosen kami, ibu Hj.I.G.A.Aju Nitya Dharmani, SST, SE, MM. Kami pun meminta keselamatan dan kelancaran kepada Allah SWT. Selama dalam perjalanan menuju Terminal Petikemas Surabaya yang akan kami kunjungi.
Fasilitas Dan Pelayanan di PELINDO III
BISNIS & LAYANAN
Pelindo III turut serta dalam upaya mensukseskan program pemerintah untuk membangun infrastuktur yang akan meningkatkan konektivitas dan daya saing antardaerah di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, berbagai layanan dan inovasi bisnis terus dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas kerja.
LAYANAN ALAT APUNG
Pelindo III mengusahakan berbagai layanan terkait perkapalan. Lingkup usaha Pelindo III pada bidang marine service pada pemanduan dan kapal tunda (pilot and towage service), docking kapal dan perlogistikan kapal. Selain jasa-jasa tersebut, Pelindo III mengusahakan pengerukan alur dan kolam (channel and basin dredging) baik baru maupun perawatan.
ENERGI
Pelindo III melayani segmen usaha pada bidang energy baik untuk minyak dan gas bumi serta ketenagalistrikan. Pelayanan Pelindo III untuk komoditas minyak dan gas bumi meliputi penyediaan terminal energy (oil dan gas), power plant, shore connection, fuel supply dan waste management.
PROPERTI & PARIWISATA
Pelindo III melayani kegiatan sandar kapal cruise di Pelabuhan yang memiliki destinasi wisata internasional. Selain fasilitas pelabuhan, saat ini Pelindo III sedang mengembangkan kawasan wisata marina, kawasan industri dan perkantoran untuk menunjang aktivitas bisnis.
LOGISTIK
Pelindo III melayani pengusahaan logistik untuk menunjang core business kepelabuhanan dan supply chain barang. Proses yang dimulai dari perencanaan hingga pendistribusian barang dari titik awal (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) bertujuan untuk mempercepat proses arus barang dan menekan biaya logistik.
Hasil Kegiatan
Hasil dari kegiatan Kunjungan Industri adalah kami sebagai mahasiswa jadi lebih memahami bagaimana lingkungan dunia kerja khususnya di mata kuliah ekonomi international, Dan kami jadi lebih mengerti apa yang disampaikan oleh dosen dan diperdalam saat berada di PETI KEMAS PELINDO III disini kami mengetahui banyak materi tentang ekspor impor dan bagaimana alur secara operasional yang benar ditambah lagi kami langsung melihat proses nya di PETIKEMAS PELINDO III.
BAB IV PENUTUP
Kesimpulan
PT Terminal Petikemas Surabaya (PT TPS) adalah sebuah perusahaan yang bekerja dibidang ekspor dan impor. Dimana status dan posisi Perseroan selaku Badan Usaha Pelabuhan (BUP) telah mengalami perubahan fungsi dari yang sebelumnya sebagai penyelenggara usaha kepelabuhanan menjadi hanya penyelenggara usaha terminal pelabuhan. PT Terminal Petikemas Surabaya bergerak di bidang usaha jasa terminal petikemas dan melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut. Penyediaan dan pelaksanaan pengusahaan jasa pelayanan operasi kapal, operasi lapangan dan operasi gudang serta penyediaan dan pengusahaan jasa tambat, dermaga, penumpukan peti kemas dan air kapal bagi kapal-kapal petikemas yang bertambat di terminal petikemas.
Saran
Saran untuk mahasiswa :
- Sebelum melakukan Kunjungan Industri, sebaiknya melakukan berbagai
persiapan. Misalnya pertanyaan yang kompeten, kenapa pertanyaan yang kompeten? karna mahasiswa/mahasiswi dituntut untuk menggali Informasi saat melakukan Kunjungan Industri.
- Harus menjaga komunikasi yang baik antara pihak kampus maupun pihak Industri
agar dapat menjaga citra baik dari kampus maupun pihak Industri.
Saran untuk PT. Terminal Petikemas Surabaya :
Agar lebih detail lagi untuk menjelaskan dan menginformasikan barang dan alat yang berada di lapangan serta langkah-langkah yang harus dilakukan saat kegiatan kerja berlangsung guna menambah wawasan mahasiswa.
Sumber : https://www.pelindo.co.id/id/about-us
File link :
https://drive.google.com/file/d/1tWAvyWz6BvmQgdB2AOQjnWP8MsFJlUsA/view?usp=drivesdk
Youtube link
#narotamajaya
#ekonomiinternasional
#tugassukses
#ptpetikemassurabaya
#pelindo3
Latar Belakang Kunjungan Industri
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, dunia pendidikan di tuntut untuk lebih menyongsong era globalisasi. Dalam usaha peningkatan mutu pendidikan tersebut, maka Ilmu Ekonomi Internasional perlu kami pelajari lebih dalam dengan terjun langsung ke PETI KEMAS PELINDO III Surabaya. Pengetahuan ini hendaknya di serap dengan sebaik mungkin dimana, Ilmu yang di dapat dalam bangku perkuliahan dirasakan masih sangat kurang, sehingga di perlukan sebuah Kunjungan ke Perusahaan / Industri yang bisa membantu kami dan bisa kami jadikan perbandingan ketika kami menerima matakuliah Ekonomi Internasional.
Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan, inilah yang menyebabkan mahasiswa / mahasiswi Universitas Narotama mengadakan Kunjungan Industri.
Kunjungan Industri dipilih untuk memperkenalkan kami ke dunia kerja. Kami di tuntut untuk aktif menggali informasi tentang Kunjungan Industri untuk memperoleh pengetahuan tentang ekspor impor yang ada di PETI KEMAS PELINDO III Surabaya.
Kunjungan Industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada kami tentang industry ekspor impor agar kami dapat membandingkan antara dunia kerja dengan ilmu yang di peroleh dimatakuliah kami. Kami di wajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama Kunjungan Industri di Perusahaan yang bersangkutan.
Tujuan Kunjungan Industri
Ada Beberapa Tujuan dalam Kegiatan Kunjungan Industri, antara lain:
a. Memperluas wawasan mahasiswa/mahasiswi dengan dunia kerja yang sesungguhnya.
b. Mendorong mahasiswa/mahasiswi agar berminat bekerja di Perusahaan.
c. Memberi informasi kepada mahasiswa/mahasiswi tentang cara bekerja di Perusahaan.
d. Sebagai wawasan informasi serta memperbanyak pengetahuan.
Manfaat Kunjungan Industri
Kunjungan Industri diharapkan dapat memiliki manfaat bagi mahasiswa/mahasiswi diantaranya, mahasiswa/mahasiswi dapat mengetahui dan lebih mengerti tentang dunia kerja, dapat mengetahui macam-macam bentuk dari alat-alat berat yang ada di lapangan dan macam-macam box barang yang berbeda-beda serta dapat mengetahui bagaimana cara dan syarat agar barang-barang tersebut dapat diteima / layak untuk dikirim.
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Sejarah Perusahaan
PT Terminal Petikemas Surabaya (PT TPS) didirikan dalam rangka Undang-Undang Penanaman Modal Asing Nomor 1 tahun 1967 yang diubah dengan Undang-undang Nomor 11 tahun 1970, berdasarkan Akta Notaris Rachmat Santoso, SH. Nomor 1 tanggal 1 April 1999 yang telah mendapatkan pengesahan badan hukum sesuai Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor:C-6465HT.01.01.TH99 tanggal 09 April 1999 dan dan telah mengalami perubahan penyesuaian dengan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dengan Akta Notaris Johanes Limardi Soenarjo, SH., MH. Nomor 06 tanggal 19 Maret 2008 dan terakhir dengan Akta Notaris Yatiningsih, SH., MH. Nomor: 106 tanggal 19 Maret 2018 yang telah diterima dan dicatat dalam Sistem Administrasi Badan Hukum sesuai Surat Penerimaan Pemberitahuan Perubahan Data Perseroan Nomor: AHU-AH.01.03-0117612 tanggal 21 Maret 2018. PT Terminal Petikemas Surabaya bergerak di bidang usaha jasa terminal petikemas dan melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut. Penyediaan dan pelaksanaan pengusahaan jasa pelayanan operasi kapal, operasi lapangan dan operasi gudang serta penyediaan dan pengusahaan jasa tambat, dermaga, penumpukan peti kemas dan air kapal bagi kapal-kapal petikemas yang bertambat di terminal petikemas;
Perencanaan dan pengembangan, pelaksanaan pengelolaan, pengusahaan dan pemasaran usaha jasa baru, rupa-rupa usaha (penyewaan gedung dan parkir) serta usaha jasa-jasa lainnya yang berkaitan dengan terminal petikemas. Pelaksanaan penyediaan, pengoperasian dan pemeliharaan fasilitas dan peralatan bongkar muat petikemas. Perencanaan dan pengelolaan keuangan dan logistik untuk terminal petikemas. Pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kegiatan terminal petikemas.
Visi Dan Misi Perusahaan
Untuk mewujudkan aspirasi stakeholder tersebut, jajaran Perseroan telah menetapkan visi dan misi perusahaan. Visi perusahaan Pelindo III yang tertuang di dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan Tahun 2015-2019 telah disesuaikan dan sejalan dengan UU No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, dimana status dan posisi Perseroan selaku Badan Usaha Pelabuhan (BUP) telah mengalami perubahan fungsi dari yang sebelumnya sebagai penyelenggara usaha kepelabuhanan menjadi hanya penyelenggara usaha terminal pelabuhan.
Perusahaan melakukan penyesuaian pada Visi & Misi untuk review RJPP 2015-2019. Pada RJPP 2015-2019 sebelumnya, Perusahaan berkeinginan untuk menjadi pemain global. Maka, ruang lingkup pelayanan jasa kepelabuhanan diperluas tidak hanya dalam lingkup nasional tetapi juga regional / global. Oleh karena itu ditetapkan Visi Perusahaan yaitu “Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik Dengan Layanan Jasa Pelabuhan Yang Prima”. Namun Visi tersebut dianggap sudah tercapai di periode 2015-2017. Oleh karena itu, dalam review RJPP 2015-2019 ini Perusahaan menetapkan Visi dan Misi baru, Visi Perusahaan sampai dengan tahun 2019 yaitu:
VISI
Menjadi Pemimpin Bisnis di Pelabuhan
MISI
Misi Perseroan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun mendatang adalah:
Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder.
Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisnis di pelabuhan melalui prinsip tata kelola perusahaan (GCG) yang baik.
Menciptakan solusi bisnis yang cerdasmelalui integritas dan kerja sama dengan mitra strategis.
BAB III LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
Pelaksanaan kegiatan
Kegiatan Kunjungan Industri di laksanakan pada tanggal 27 juni 2019, atau lebih tepatnya pada hari Kamis pagi pukul 10.00 WIB. Sebelum keberangkatan, kami sudah standby di Universitas Narotama untuk mempersiapkan segala perlengkapannya. Selang beberapa menit do’a bersama mengenai keberangkatan Kunjungan Industri yang dipimpin oleh Dosen kami, ibu Hj.I.G.A.Aju Nitya Dharmani, SST, SE, MM. Kami pun meminta keselamatan dan kelancaran kepada Allah SWT. Selama dalam perjalanan menuju Terminal Petikemas Surabaya yang akan kami kunjungi.
Fasilitas Dan Pelayanan di PELINDO III
BISNIS & LAYANAN
Pelindo III turut serta dalam upaya mensukseskan program pemerintah untuk membangun infrastuktur yang akan meningkatkan konektivitas dan daya saing antardaerah di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, berbagai layanan dan inovasi bisnis terus dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas kerja.
LAYANAN ALAT APUNG
Pelindo III mengusahakan berbagai layanan terkait perkapalan. Lingkup usaha Pelindo III pada bidang marine service pada pemanduan dan kapal tunda (pilot and towage service), docking kapal dan perlogistikan kapal. Selain jasa-jasa tersebut, Pelindo III mengusahakan pengerukan alur dan kolam (channel and basin dredging) baik baru maupun perawatan.
ENERGI
Pelindo III melayani segmen usaha pada bidang energy baik untuk minyak dan gas bumi serta ketenagalistrikan. Pelayanan Pelindo III untuk komoditas minyak dan gas bumi meliputi penyediaan terminal energy (oil dan gas), power plant, shore connection, fuel supply dan waste management.
PROPERTI & PARIWISATA
Pelindo III melayani kegiatan sandar kapal cruise di Pelabuhan yang memiliki destinasi wisata internasional. Selain fasilitas pelabuhan, saat ini Pelindo III sedang mengembangkan kawasan wisata marina, kawasan industri dan perkantoran untuk menunjang aktivitas bisnis.
LOGISTIK
Pelindo III melayani pengusahaan logistik untuk menunjang core business kepelabuhanan dan supply chain barang. Proses yang dimulai dari perencanaan hingga pendistribusian barang dari titik awal (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) bertujuan untuk mempercepat proses arus barang dan menekan biaya logistik.
Hasil Kegiatan
Hasil dari kegiatan Kunjungan Industri adalah kami sebagai mahasiswa jadi lebih memahami bagaimana lingkungan dunia kerja khususnya di mata kuliah ekonomi international, Dan kami jadi lebih mengerti apa yang disampaikan oleh dosen dan diperdalam saat berada di PETI KEMAS PELINDO III disini kami mengetahui banyak materi tentang ekspor impor dan bagaimana alur secara operasional yang benar ditambah lagi kami langsung melihat proses nya di PETIKEMAS PELINDO III.
BAB IV PENUTUP
Kesimpulan
PT Terminal Petikemas Surabaya (PT TPS) adalah sebuah perusahaan yang bekerja dibidang ekspor dan impor. Dimana status dan posisi Perseroan selaku Badan Usaha Pelabuhan (BUP) telah mengalami perubahan fungsi dari yang sebelumnya sebagai penyelenggara usaha kepelabuhanan menjadi hanya penyelenggara usaha terminal pelabuhan. PT Terminal Petikemas Surabaya bergerak di bidang usaha jasa terminal petikemas dan melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut. Penyediaan dan pelaksanaan pengusahaan jasa pelayanan operasi kapal, operasi lapangan dan operasi gudang serta penyediaan dan pengusahaan jasa tambat, dermaga, penumpukan peti kemas dan air kapal bagi kapal-kapal petikemas yang bertambat di terminal petikemas.
Saran
Saran untuk mahasiswa :
- Sebelum melakukan Kunjungan Industri, sebaiknya melakukan berbagai
persiapan. Misalnya pertanyaan yang kompeten, kenapa pertanyaan yang kompeten? karna mahasiswa/mahasiswi dituntut untuk menggali Informasi saat melakukan Kunjungan Industri.
- Harus menjaga komunikasi yang baik antara pihak kampus maupun pihak Industri
agar dapat menjaga citra baik dari kampus maupun pihak Industri.
Saran untuk PT. Terminal Petikemas Surabaya :
Agar lebih detail lagi untuk menjelaskan dan menginformasikan barang dan alat yang berada di lapangan serta langkah-langkah yang harus dilakukan saat kegiatan kerja berlangsung guna menambah wawasan mahasiswa.
Sumber : https://www.pelindo.co.id/id/about-us
File link :
https://drive.google.com/file/d/1tWAvyWz6BvmQgdB2AOQjnWP8MsFJlUsA/view?usp=drivesdk
Youtube link
#narotamajaya
#ekonomiinternasional
#tugassukses
#ptpetikemassurabaya
#pelindo3
Komentar
Posting Komentar